Monday, March 9, 2009

The Question


Kau mungkin akan menertawakanku bila membaca tulisanku satu ini
. . .
Ini tentang sesuatu yang semestinya tak kupertanyakan lagi, sesuatu yang konyol yang hanya mungkin ada di pikiranku saat aku mempunyai kesempatan dan waktu yang luar biasa bebas untuk mengembara ke hal-hal kecil yang sering luput dari perhatian.



Jadi begini ...
Ada beberapa temanku berkata, that i am a boy inside ..
Dan temanku yang mengatakan ini rata-rata adalah laki-laki ..
Dan aku bisa bayangkan mereka ini, khususnya yang dua orang itu akan tertawa terpingkal-pingkal dan berkata, "Ampun deh lu, kayak gitu aja diposting ke blog, gitu aja dipikir .."

Tapi bisa kukatakan, bukan cuma mereka (yang notabene tak terlalu kupedulikan karena seringnya pendapat mereka itu tak pernah serius), tapi juga teman-teman lain, yang dalam waktu dan tempat berbeda, tentu saja dengan cara berpikir yang berbeda, dan tanpa ditanya, juga mengatakan hal yang sama ..

Muzda itu, seperti laki-laki !!
Tak tahu aku harus bereaksi seperti apa mengetahui penilaian mereka ini ...
Yang pertama kali kulakukan adalah mengerutkan kening dan mencibir sedikit, dan refleks langsung melihat fisikku sendiri ..

I'm totally a girl, a woman ...
Aku berpenampilan sebagai perempuan,, bahkan beberapa mengatakan cara berpakaianku feminin ..

Oke,, hell dengan apa yang mereka bilang ..
Aku cukup mengenal siapa diriku ..

Tapi sebelum kau tertawa lebih kencang lagi, atau mungkin bergegas untuk meninggalkan halaman ini ..
Aku ingin mengatakan, bahwa bukan ini yang sebenarnya ingin kuceritakan.
Bukan topik membosankan tentang tindak-tandukku, cara bicaraku, cara berpikirku, cara pandangku, atau pun selera musik yang seperti laki-laki itu ...

Tapi lebih jauh lagi adalah sebuah pertanyaan mendadak yang hinggap di otakku ..
Kenapa aku masih mempertanyaan pertanyaan itu ?
Bukankah seharusnya pada umur dan pengalamanku sekarang, pertanyaan tentang "siapa diriku" ini sudah dilewati ??
Sudah terjawab ?

Bukankah aku pernah meyakini bahwa, aku telah menemukan siapa aku, dan tahu apa yang ingin kulakukan dalam hidup ??
Bukankah aku sudah tau, bahwa sekarang ini bukan masa pencarian lagi, tapi sudah dalam tahap aktualisasi diri ??

Jadi pendapat teman-teman dekatku ini sedikit banyak berpengaruh. Aku tahu tak ada yang salah bila ternyata seperti itulah aku ...
Aku hanya terganggu pada fakta, bahwa aku sempat terpikir kembali...

Rupanya, selamanya kita tak akan pernah berhenti mencari ...
Who are you ??

Bila sudah terpentok, jawabannya adalah seperti bila bertengkar dengan sang pacar, ketika kekeraskepalaan untuk sementara mengalahkan logika : "It's me, babe ..!"
Tapi Scarlett Johansson pun pernah kebingungan dalam The Nanny Diaries dan gagal mendapatkan pekerjaan impian karena dihadang pertanyaan ini ..
The Secret berkata, "kau adalah apa yang kaupikirkan."

Well, dalam ilmu sufi tingkat tinggi, segala yang ada pada diri kita, setiap gerakan kita, adalah digerakkan oleh Tuhan..
Ufhh..
Karena pemahaman agamaku masih sangat kurang sekali, walaupun telah dari jauh hari ditanamkan sejak aku masih dalam buaian..
Tapi tentang ilmu ini, aku tak akan membahas lebih jauh. Karena pertama.. aku tak tahu apa-apa, kedua .. aku takut salah, dan ketiga.. aku takut membuat orang lain salah paham ..
Yang mungkin kesalahpahaman ini hanya akan membuat banyak yang akan mengikuti jejak Lia Eden dan Satria Piningit Weteng Buwono ..

Tapi jelas sebuah Hadits berkata :
"Barang siapa mengenal dirinya, mengenal Tuhan-nya"

PS :
Oh yeah, kau tak salah baca
Aku memang mengutip Hadits di sini :)


Sumber foto

13 comments:

  1. Dan aku bisa bayangkan mereka ini, khususnya yang dua orang itu akan tertawa terpingkal-pingkal dan berkata, "Ampun deh lu, kayak gitu aja diposting ke blog, gitu aja dipikir .."

    Tapi bisa kukatakan, bukan cuma mereka (yang notabene tak terlalu kupedulikan karena seringnya pendapat mereka itu tak pernah serius), tapi juga teman-teman lain, yang dalam waktu dan tempat berbeda, tentu saja dengan cara berpikir yang berbeda, dan tanpa ditanya, juga mengatakan hal yang sama ..

    maksudmu siapa nah?gw yg manah...kayaknya gw tau deh... =/

    #TKW (Tukang Keruk Warisan) Blom Sukses#

    ReplyDelete
  2. To TKW yang anonymous :

    Apa perlu gw link ??
    ^_^

    ReplyDelete
  3. Link aja..sapa takut.. c",)
    orang kondisinya nyrempet2 gw juga wakakakak...

    Hidup TKW!!!!!!


    #TKW (Tukang Keruk Warisan) Blom Sukses#

    ReplyDelete
  4. Terkadang seseorang harus berproses sekian lama untuk mengenal dirinya..

    Yang penting kita mengetahui dengan jelas tujuan hidup kita...dan 'berkarir' dengan baik di hidup ini...bukankah demikian...?

    ReplyDelete
  5. Bila kita sudah tahu tujuan hidup kita,, jangka pendek dan tentu saja "jangka panjang" ..
    Berarti yang diperlukan sekarang hanyalah kendaraan ..
    Dan bila tak ada kendaraan,, sepertinya kita harus menciptakan kendaraan kita sendiri ..

    ThQ Mbak Putri

    ReplyDelete
  6. btw, ada mbak putri juga disini :)
    who are you?
    pertanyaan yang punya banyak jawaban nih (versi saya) ... klo teman2 kenal saya hendra, I'm hendra.
    tapi klo malam ... saya berubah jadi I'm hungry, hehe (laper mode : on, pas ngerjain thesis).

    *salam kenal yah ... makasih udah mampir, orang jogja asli?

    ReplyDelete
  7. @ Mas Indra ..
    Bukan Mas,, cuma stay di sini aja, aslinya si Kalimantan ..
    Btw kaya'nya kita sodaraan deh, soalnya kalo malem juga I'm Hungry,, kalo udah tengah malem I'm Sleepy ..
    Hehee ..

    ThQ dah mampir balik ..

    ReplyDelete
  8. saya...
    saya sendiri adalah seorang lesbian yang terjebak dalam tubuh seorang pria. karenanya saya menyukai wanita :D

    ReplyDelete
  9. Heh ..??!
    Hahaa,, aduh kok ada2 aja sih ..
    Iya deh, bila memang itulah dirimu,, hehee ...

    Toss deh,, suka deh ma gayamu :)

    ReplyDelete
  10. haha... sip dah,
    bisa aja guyonannya :)

    ReplyDelete
  11. Sori Mas Hendra ..
    Kemaren salah nyebut nama ..
    :)

    ReplyDelete
  12. Mbak Muzda..orang kalimantan, tho ?
    Kalimantan dimananya ?
    Put punya saudara di sana..di Bontang, Kalo mbak Muzda ?

    @nra
    ada yang "Mr.Starving" rupanya di sini he..he..
    *Peace, nra..peace...*

    [numpang nyampah di tempatnya mbak Muzda.. he..he,,]

    ReplyDelete
  13. Iya nie,, Kalimantan, Kotabaru..
    Ma Bontang si jauh...

    Biasa aja Mbak,, justru yang Mbak sebut "sampah" ini yang aku bilang istimewa, coz bisa bikin aku ketawa tiap hari :D

    ReplyDelete

Template has been modified and taken from this site